Kisah Nyata : Jalan Kaki ,Tunaikan Haji - RAngkuman Berita Terbaru
Headlines News :
Home » » Kisah Nyata : Jalan Kaki ,Tunaikan Haji

Kisah Nyata : Jalan Kaki ,Tunaikan Haji

KISSVAGANSA : Seorang pria Muslim berjalan kaki sejauh 5.650km dari
Bosnia menuju Mekah, Arab Saudi, guna menjalankan
ibadah haji.
Senad Hadzic, 47, kepada BBC mengaku Allah
menjaganya saat dia berjalan melintas negara yang
tengah berkecamuk perang, Suriah.
Hadzic mengatakan dia menghabiskan beberapa jam di
perbatasan Suriah, tawar menawar dengan petugas
imigrasi untuk mendapatkan visa.
Kemudian dia berhasil bernegosiasi melewati beragam
pos penjagaan - diantaranya dijaga oleh militer
pemerintah, dan yang lainnya dijaga pemberontak.
"Beberapa diantara mereka bahkan mencium Quran
yang saya bawa,'' katanya.
Haji ke Mekkah merupakan rukun ke lima Islam - tugas
yang dilakukan Muslim jika mampu setidaknya sekali
dalam hidup.
'Jalan menuju Allah'
Senad Hadzic langsung sujud dan berdoa saat tiba di
tanah suci.
Hadzic memulai perjalanannya di sebuah kota dekat
ibukota Bosnia, Sarajevo, akhir tahun lalu. Dan cobaan
pertama yang harus dia hadapi adalah melewati suhu
minus 35C di Bulgaria.
"Setiap harinya tidak semakin mudah, setiap hari selalu
sulit. Tetapi sekaligus mengasyikan pada saat
bersamaan,'' katanya.
Saat dia mendapatkan visa Suriah, dia mengatakan,
seorang petugas militer Presiden Bashar al-Assad
''meminta saya untuk berdoa untuknya di Mekah, jika
saya berhasil keluar dari Suriah hidup-hidup''.
"Jalanan diantara perbatasan dimana saya masuki, dan
kota Aleppo penuh dengan batu-batu besar.
Pemberontak melemparkan batu agar mobil dan bus
sulit bergerak. Orang dengan keluarga jelas sulit keluar
dengan mobilnya.''
Dia kemudian mengatakan bahwa mendapatkan visa
Suriah ''tidak ada artinya - karena seorang pejuang
pemberontak bisa keluar dari ladang jagung dan
meminta paspor anda''.
"Tidak ada yang menembak saya. Saya dihentikan oleh
orang bersenjata memeriksa paspor saya. Tetapi ketika
saya mengatakan saya dalam perjalanan menuju Allah,
baik pemberontak maupun militer Presiden Assad
membiarkan saya pergi.''
Selain membawa Quran Hadzic juga membawa Injil di
tas punggungnya, dia mengaku membawa kedua kitab
suci tersebut ''karena saya orang yang sangat agamis''.
"Jika saya tidak percaya kepada Allah bahwa dia
bersama saya, melindungi dan menjaga saya, saya
mungkin tidak akan mampu melewati Bulgaria, apalagi
Mekah.''
"Saya berjalan melintas tujuh negara, dua gurun,
5.650 kilometer, tanpa uang, hanya dengan sebuah tas
punggung seberat 20kilogram,'' katanya kepada BBC.
Hadzic akhirnya sampai ke Mekkah pada Sabtu (20/10)
dan langsung sujud dan berdoa di tanah suci.
Sumber : BBC Indonesia
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | JGA | Radarjember.Com
Copyright © 2011. RAngkuman Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Radarjember.Com
Proudly powered by Blogger