LELAH ? LETIH ? CAPEK ? JANGAN ANGGAP ENTENG - RAngkuman Berita Terbaru
Headlines News :
Home » » LELAH ? LETIH ? CAPEK ? JANGAN ANGGAP ENTENG

LELAH ? LETIH ? CAPEK ? JANGAN ANGGAP ENTENG

Aduh capeknya… Seberapa sering Anda mengatakan hal ini tiap harinya? Atau seberapa sering Anda merasa secangkir kopi tidak cukup untuk mengatasi rasa kantuk Anda? Jika Anda selalu merasa capek dan letih dan rasa itu tidak kunjung hilang walaupun Anda sudah istirahat cukup lama, bisa jadi rasa letih tersebut adalah isyarat bahwa ada gangguan di tubuh Anda.

Beberapa penyakit yang kami paparkan di bawah ini adalah penyakit-penyakit yang memberikan gejala yang tampaknya sama, yaitu capek dan letih, tapi bila dicermati lebih dalam, sesungguhnya rasa letih yang ditimbulkan bisa jadi berbeda-beda.

Anemia adalah kondisi di mana jumlah hemoglobin dan atau sel darah merah di dalam darah menurun hingga di bawah normal. Hemoglobin adalah suatu pigmen merah dalam sel darah merah yang bertugas mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Anemia dapat menyebabkan tubuh merasa letih dan tidak tahan terhadap dingin akibat kurangnya oksigen dalam tubuh, selain itu penderita Anemia terlihat pucat karena rendahnya kadar hemoglobin.

Anemia kemungkinan disebabkan karena kekurangan zat besi, folat , atau vitamin B12. Anemia bisa juga disebabkan karena penderitanya kehilangan darah dalam jumlah besar, misalnya akibat tindakan operasi atau menstruasi, pengobatan kemoterapi, dan penyakit-penyakit kronis lain seperti gangguan ginjal, diabetes dan hepatitis C.

Bentuk kelelahan yang terasa adalah mudah sekali merasa letih, lesu, dan mudah capek walaupun melakukan pekerjaan ringan. Sedangkan gejala-gejala lain yang mungkin timbul adalah adanya rasa nyeri di dada, napas yang pendek, pucat, denyut jantung cepat, serta merasa kedinginan.

Jika Anda mengalami gejala demikian, segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memberikan suplemen, meresepkan obat-obatan atau melakukan serangkaian tes dan pengobatan sesuai dengan penyebab anemia yang diderita. Pengujian yang dilakukan adalah tes darah untuk menghitung jumlah total darah, hemoglobin dan serum feritin (pengujian yang dilakukan untuk menghitung jumlah zat besi dalam tubuh).

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | JGA | Radarjember.Com
Copyright © 2011. RAngkuman Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Radarjember.Com
Proudly powered by Blogger