Mengapa Anak Saya Kurus? - RAngkuman Berita Terbaru
Headlines News :
Home » » Mengapa Anak Saya Kurus?

Mengapa Anak Saya Kurus?

Usia anak saya (21 bulan), berat badannya hanya 10,5 kg, tinggi 82 cm. Padahal, berat lahirnya 3.510 gram. Bahkan pada umur 16 bulan, berat badannya mencapai 11,4 kg. Beratnya terus menurun sejak kami sekeluarga cuti selama dua minggu ke Jawa Tengah. Selain itu, mungkin juga karena pembantu yang biasa mengurusnya tidak kembali lagi sejak lebaran lalu. Saya sendiri adalah ibu bekerja.

Menu hariannya adalah 3 X makan nasi, 2X makan pepaya dan 4 –5 X minum susu sebanyak 100 – 200cc. Setiap kali makan nasi, kira-kira 8 sendok makan, dengan sayur sup, sayur bayam, sayur pindang, setiap kali makan pepaya sekitar setengah gelas.

Sebenarnya anaknya suka makan (ngemil), tetapi agak pemilih. Kurang suka buah dan menggemari kue yang manis atau isi biskuit. Perlukah dikoreksi? Mungkinkah anak saya cacingan, perlukah diberi obat cacing? Perlukah diberi vitamin?

Ima, Jakarta

Kondisi kedua orang tua yang bekerja sering menjadi penyebab gangguan makan pada anak, baik sulit makan maupun makan yang berlebihan. Demikian juga bila ada ketergantungan pada pengasuh (yaitu bila pengasuh sedang cuti).

Berat dan tinggi badan ideal untuk anak laki-laki usia 21 bulan adalah: 12.200 gram dengan tinggi 85 cm. Sementara untuk anak perempuan, 11.600 gram dengan tinggi 83 cm. Apabila tingginya 82 cm, maka berat badan yang sesuai adalah 11.600 gram pada anak laki-laki, atau 11.400 gram pada anak perempuan. Jadi, pada anak Anda, perlu dikaji penyebabnya, apakah masalah psikis atau masalah infeksi yang menyebabkannya sulit makan.

Mengenai dugaan cacingan, sangat tergantung pada tempat anak Anda bermain. Misalnya, bermain tanah kotor, yang memang potensial untuk menyebabkan infeksi cacing. Anda dapat mengkonsultasikan hal ini pada dokter anak Anda.

Untuk menu yang Anda berikan, jumlah kalorinya adalah 825 kalori dengan komposisi protein, karbohidrat dan lemak cukup seimbang (sesuai dengan diet seimbang yang dipersyaratkan untuk anak). Tapi, total kalorinya perlu ditambah. Bisa dengan snack yang bermutu atau tambahan susu padat kalori (100 kalori dalam 100 ml susu). Penambahan vitamin sudah barang tentu boleh saja diberikan.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | JGA | Radarjember.Com
Copyright © 2011. RAngkuman Berita Terbaru - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Radarjember.Com
Proudly powered by Blogger